Sejarah, Pengertian dan Tujuan SEO

Sejarah, Pengertian dan Tujuan SEO – Sekarang ini para pengguna blog yang menginginkan traffic blognya meningkat maka mereka harus menerapkan SEO pada blog mereka, karena SEO memiliki peran yang sangat penting untuk menempatkan blog anda di halaman utama mesin pencari.

Sejarah, Pengertian dan Tujuan SEO

Sejarah, Pengertian dan Tujuan SEO

Sejarah SEO

Menurut Danny Sullivan, Pada tanggal 26 Juli 1997, pertama kalinya SEO digunakan oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mudah dimanipulasi karena masih belum terlalu kompleks.

Pencarian yang didasarkan sepenuhnya pada informasi dari webmaster melaui meta tag pada kode html situs web mereka mejadi versi algoritma awal.

Informasi konten di sediakan oleh Meta tag dalam sebuah halaman web dengan serangkaian kata kunci.

Mesin pencari bisa salah menempatkan dan memeringkatkan sebuah situs karena sebagain webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci tak sesuai dengan konten yang sesungguhnya, sehingga pengguna internet dan mesin pencari mengalami kerugian karena informasi tidak relevan dan tidak berkualitas. Info tentang mesin pencari bisa dibaca di Pengertian dan Cara Kerja Mesin Pencari.

Dua mahasiswa doktoral Ilmu komputer Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin berusaha mengatasi masalah tersebut dengan membangun Backrub, yaitu sebuah mesin pencari sederhana yang memeringkat halaman web dengan mengandalkan perhitungan matematika.

Sebuah fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara jumlah link yang mengarah pada halaman web dengan analisis atas kualitas dari masing – masing link adalah algoritmanya yang disebut dengan Pagerank.

Secara umum sebuah halaman web memperoleh peringkat tinggi jika halaman web tersebut banyak di link oleh halaman web lain, ini sesuai prinsip kerja PageRank.

Halaman web berkualitas tinggi mampu menjadikan nilai Pagerank tinggi, contohnya yahoo! Atau DMOZ.

Pada tahun 1998 page da Brin mendirikan Google yang menjadi versi tingkat lanjut dari backrub.

Google memperoleh reputasi da kepercayaan dari pengguna internet dalam waktu singkat karena telah berhasil menyajikan hasil pencarian berkualitas, cepat dan relevan, sehingga pageRank menjadi standart untuk mesin pencari lain atau webmaster yang berusaha menjadikan situs webnya memiliki nilai pagerank setinggi mungkin dan mampu menempati posisi tertinggi pada pencarian.

Pengertian SEO

Search Engine optimazation memiliki pengertian serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume kunjungan menggunakan mesin pencari menuju sistem web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tertentu. Search Engine Optimazaton selain dikenal sebagai SEO juga dikenal sebagai Optimasi mesin pencari.

Baca Juga : Pengertian On Page SEO dan Of Page SEO

Tujuan menggunakan SEO

Menempatkan situs web pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang telah ditargetkan adalah tujuan dari SEO menurut tante Wikipedia.

1. Mendatangkan traffic yang banyak

Menempatkan sebuah situs web dihalama utama mesin pencari adalah keinginan dari
semua pengguna blog atau web, sehingga situs web tersebut memiliki peluang lebih besar
untuk memperoleh traffic pengunjung lebih banyak.

Maka dibutuhkan SEO untuk merealisasikan dengan menggunakan kata kunci tertentu yang telah di targetkan.

2. Meningkatkan penjualan

Bagi sebagian situs bisnis online seperti online shop menggunakan SEO sangat
menguntungkan, terutama mereka yang bisa berada di halaman pertama. Selain
meningkatkan traffic, penjualan juga bisa meningkat.

Misalnya situs web lazada.co.id yang menjual berbagai macam barang seperti laptop, perlengkapan rumah tangga hingga pakaian, maka ketika mengetikkan kata kunci “Laptop Murah” maka situs lazada akan muncul
dihalaman dan urutan pertama karena sudah menggunakan SEO yang sempurna.

3. Meningkatkan daya saing

Jika sebuah situs berada pada rangking tinggi atau berada di halaman dan urutan pertama
maka secara otomatis daya saing dari berbagai situ juga tinggi.

Baca Juga : Mengapa On Page SEO sangat penting?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *