Rincian dan Modal Usaha untuk Membuka Bisnis Jasa Jahit Pakaian

Modal Usaha Membuka Jasa Jahit Pakaian – Menjahit salah satu pekerjaan yang butuh keahlian khusus dan tidak semua orang bisa menjahit.

Biasanya usaha di bidang fashion ini didirikan oleh orang yang sebelumnya pernah mengikuti kursus jahit karena hasil jahitan akan sangat berpengaruh pada nama dan reputasi serta harga yang dipatok.

Rincian dan Modal Usaha untuk Membuka Bisnis Jasa Jahit Pakaian

Rincian dan Modal Usaha untuk Membuka Bisnis Jasa Jahit Pakaian

Walaupun begitu banyak juga ibu rumah tangga menjalankan bisnis ini dengan belajar secara manual dan hasilnya tidak kalah dengan penjahit yang profesional.

Untuk membangun usaha di bidang ini, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.

1). Keahlian

Pastikan lebih dahulu Anda mempunyai keahlian yang mumpuni, mulai dari pengukuran tubuh, penggambaran design baju, pemotongan kain hingga cara untuk menjahit dan mengobras.

Ahli tidaknya seseorang dalam menjahit akan sangat terlihat di hasil jahitan bajunya, apakah rapi dan kuat atau tidak.

Jika kurang rapi, tidak hanya akan membuat tampilan baju menjadi kurang bagus, namun juga kain untuk membuat baju menjadi banyak yang terbuang karena salah dalam memotong baju.

2). Peralatan jahit

Ada banyak jenis peralatan jahit selain mesin jahit dan mesin obras.

Jikapun Anda saat ini hanya memiliki mesin jahit saja, mesin tersebut masih bisa Anda manfaatkan secara maksimal untuk pembuatan baju.

Sehingga nanti setelah baju selesai dan tinggal di obras, Anda tinggal meminta bantuan rekan Anda yang juga penjahit atau orang yang punya mesin obras, untuk mengobral pakaian Anda.

Berikut kisaran rincian harga atau modal usaha perlengkapan dan peralatan jahit yang dibutuhkan:

  • Mesin jahit : Rp 2 juta.
  • Mesin obras: Rp 1,5 juta.
  • Penggaris tali : Rp 10.000.
  • Gunting: Rp 10.000.
  • Benang dan jarum: Rp 50.000.
  • Perlengkapan baju: Rp 100.000.
  • Buku nota : Rp 10.000.
  • Pena (isi 12) : Rp 12.000.
  • Listrik dan air: Rp 200.000.

Rincian tersebut bisa saja lebih murah ataupun lebih mahal karena semua hal tersebut tergantung dari Anda yang butuh alat dan perlengkapan untuk membuka usaha menjahit.

Modal akan semakin besar jika Anda memilih mesin jahit yang dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap dan modern ataupun Anda membutuhkan rak khusus tersendiri untuk menyimpan baju yang sudah jadi ataupun ditambah harus menyewa tempat.

Tarif untuk menjahit bisa Anda sesuaikan sendiri dengan kondisi lingkungan Anda dan modal usaha yang Anda pergunakan.

Misalnya jika Anda berada di desa, Anda tidak bisa terlalu memberikan harga pembuatan baju yang mahal.

Hal ini disebabkan karena kondisi keuangan dari masyarakat di desa yang rendah sehingga tidak memungkinkan untuk membayar pembuatan baju yang cukup tinggi karena hal itu bisa membebani kondisi keuangan yang memang sudah susah.

Agar usaha menjahit Anda semakin bagus, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah:

  • Pandai mencari kesempatan. Anda bisa menggunakan papan nama atau spanduk yang menyatakan jika tempat Anda saat ini membuka layanan jahit menjahit dan permak pakaian.
  • Pastikan jika Anda selalu tahu apa yang diinginkan pengguna jasa Anda. Masing-masing orang punya style sendiri tentang gaya berpakaian sehingga Anda sebaiknya menyesuaikan dengan cara orang tersebut berpakaian. Jika belum paham tentang model baju seperti apa yang diinginkan, Anda bisa menanyakannya langsung.
  • Selalu siapkan ragam model baju pilihan terutama model baju baru karena biasanya orang akan bingung bajunya akan dibuat seperti apa dan kemudian mencari petunjuk atau model baju di majalah yang ada di tempat Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *