5 Cara Optimasi Video Youtube Untuk Pemula

Cara Optimasi Video Youtube – Bagi Anda yang sudah mengerti seluk beluk YouTube mungkin tak asing dengan optimasi SEO untuk mendukung video Anda agar mendapatkan penonton yang banyak.

Namun, saat ini tidak sedikit yang belum paham mengenai cara optimasi SEO untuk video YouTube.

5 Cara Optimasi Video Youtube Untuk Pemula

5 Cara Optimasi Video Youtube Untuk Pemula

Jadi, bagi Anda yang sudah memiliki channel YouTube ataupun Anda yang baru ingin memulai menjadi seorang youtuber yang berkeinginan mendapatkan secercah penghasilan dari video YouTube yang di-upload, maka Anda harus menggunakan SEO video YouTube.

Bagi kalangan youtuber, mempunyai view yang banyak, dan subcribe yang membludak adalah salah impian besar.

Bukan sekedar menyalurkan hobi membuat video yang kreatif, Youtuber juga bisa menghasilkan uang dari hobinya tersebut.

Sebenarnya tidak semua Youtuber mengandalkan Iklan Google Adsense sebagai ladang penghasilan mereka, tapi bisa juga mereka mendapatkan sponsor pribadi dikarenakan channel yang mereka kelola sudah mempunyai nama dan populer, apalagi Channel tersebut mempunyai Niche atau pembahasan yang menarik, unik, dan lain dari pada yang lain.

Sebetulnya teknik SEO (Search Engine Optimiziation) tidak terlalu penting di aplikasi Youtube.

Karena bisa kita perhatikan, banyak Youtuber hanya asal upload, dan memberikan judul asal-asalan. justru viewer dan subcribe mereka bertambah sangat banyak, dan tidak jarang, nongrong di trending youtube.

Akan tetapi, bukan berarti teknik SEO ini tidak bermanfaat sama sekali. memang Algoritma Google dan Youtube itu berbeda, jadi SEO untuk youtube agak sedikit berbeda dengan SEO untuk Google.

Nah tanpa berpanjang lebar lagi simak penjeasn berikut terkait cara optimasi video di Youtube.

1). Lakukanlah Riset Keyword

Dengan Anda melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum membuat video yang berencana untuk di-upload, Anda dapat mendapatkan banyak pengunjung video #YouTube Anda. Riset keyword ini juga diterapkan dalam membuat sebuah blog.

Dengan melakukan riset keyword, Anda akan tahu hal yang sedang populer atau sedang dicari pada saat ini.

Kemudian Anda dapat menentukan topik yang akan Anda gunakan dalam video YouTube Anda, dan Andapun dapat memprediksi seberapa besar traffic dan pendapatan yang akan Anda terima nantinya.

2). Buatlah Video Yang Menarik, Berdurasi Panjang, dan Gambar yang Berkualitas

Untuk mendapatkan pengunjung video YouTube memanglah bukan sesuatu hal yang mudah. Karena di zaman sekarang ini, pemirsa YouTube akan mencari video yang menarik dan bahkan relevan.

Dengan durasi video yang panjang, pemirsa akan mendapatkan informasi yang ingin Anda sampaikan dengan jelas.

Selain video yang menarik dengan durasi panjang, Anda juga harus memerhatikan kualitas video Anda.

Dengan video yang terlihat jelas, pemirsa akan lebih tertarik karena jika kualitas video Anda buruk, pemirsa YouTube akan merasa kurang tertarik untuk menonton.

3). Peletakan Keyword

Setelah Anda melakukan riset keyword dan menentukan keyword yang dipilih kemudian membuat videonya, lalu beri nama video tersebut sama dengan keyword -nya.

Karena dengan memberi nama file sama dengan keyword, maka mesin pencarian Google akan mudah dalam menampilkan keyword tersebut dan pengaruhnya sangat baik bagi SEO video YouTube.

Kemudian untuk memberikan nama judul, berilah judul yang sama dengan keyword namun diberi penambahan kata agar peringkat video menjadi bagus bahkan teratas.

Setelah memberikan judul, yang harus Anda lakukan adalah membuat deskripsi video Anda dengan menyelipkan keyword pilihan Anda untuk memperjelas secara singkat tentang isi video Anda.

Namun janganlah memberikan keyword dengan banyak di dalam deskripsi video Anda. Selanjutnya adalah menggunakan keyword dalam tag.

Dengan menambahkan keyword akan memberikan keuntungan bagi video YouTube Anda. Karena video Anda akan tampil di sidebar ketika ada video lain yang menggunakan keyword sama seperti Anda.

4). Tingkatkan Reputasi Channel

Reputasi channel yang baik akan memberikan sinyal positif terhadap video-video yang ada di dalamnya.

Channel yang bagus artinya channel tersebut memiliki relevansi yang tinggi antara satu video dengan video lainnya saling berkaitan.

Karena tingkat relevansinya channel itu ditentukan dengan melihat lamanya waktu yang dihabiskan oleh pemirsa YouTube untuk menyaksikan video Anda.

5). Mempromosikan Video

Agar video YouTube lebih banyak dikenal, maka Anda perku membagikan dan mempromosikannya salah satunya ialah disosial media.

Anda pun juga bisa meminta untuk mempromosikan video Anda disitus web yang telah populer. Itu akan berpengaruh dengan banyaknya penonton video Anda.

Atau bahkan Anda bisa mempromosikannya dengan berkomentar disitus yang memiliki topik seperti video Anda, namun janganlah memberikan komentar yang sangat banyak disatu situs.

Dengan menggunakan  video YouTube SEO, maka Anda akan semakin berpeluang untuk mendapatkan banyak pemirsa atau viewer divideo Anda.

Dan itu pun juga akan berpengaruh dengan penghasilan yang akan Anda dapatkan dari video yang telah Anda upload.

Itulah cara yang dapat anda tempuh agar mampu meningkatkan jumlah viewers anda di youtube, semoga dapat meningkatkan traffic anda para youtubers.

Baca Juga : Cara Menambah Subscribe Youtube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *