Cara Mendaftarkan Website Di Google Webmaster Tools

Cara Mendaftarkan Website Di Google Webmaster Tools – Webmaster Tools atau yang kini lebih dikenal sebagai Google Search Console merupakan sebuah set alat yang dibuat Google untuk membantu para pemilik web guna mengetahui tentang seperti apa kinerja website mereka dimata mesin pencari Google.

Cara Mendaftarkan Website Di Google Webmaster Tools

Cara Mendaftarkan Website Di Google Webmaster Tools

Google Search console ini sendiri memiliki laporan data serta melakukan analisa bila terjadi error dan akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk melakukan serangkaian perbaikan.

Selain itu, alat ini juga memungkinkan para pemilik website untuk memasukan file Sitemap XML web yang ia kelola agar dapat dimunculkan pada laman mesin pencarian.

Sebelum pengguna dapat memasukan file Sitemap XML dan membuat laman web Anda masuk ke dalam radar mesin pencarian Google, sebagai seorang pengelola web, Anda diwajibkan untuk mendaftarkan website Anda terlebih dahulu ke Google Webmaster Tools.

Ingin tau caranya?  Simak terus artikel ini yuk!

1). Buka Halaman Situs Google Webmaster Tools

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mendaftarkan website Anda ke Google Webmaster Tools adalah dengan mengakses situs resmi nya.

Anda bisa mencarinya via mesin pencari Google, atau langsung mengklik tautan link https://www.google.com/webmasters/#?modal_active=none agar dapat langsung menuju ke halaman tersebut.

Setelah halaman terbuka, mendaftarlah dengan menggunakan akun Google (Gmail) yang Anda miliki.

Bilamana Anda sudah mendaftar, klik tulisan Sign In atau klik tombol SEARCH CONSOLE berwarna hujau yang tersedia pada halaman tersebut.

2). Masukan Halaman Web Anda Di Kolom Yang Tersedia

Di langkah ini, Anda akan memasukan link URL web yang akan Anda daftarkan. Pastikan Anda memasukan link URL web dengan benar, baru kemudian klik button ADD PROPERTY untuk lanjut ke tahapan yang selanjutnya.

3). Verivikasikan Kepemilikan Web Yang Anda Miliki

Setelah memasukan URL web tadi, langkah selanjutnya adalah memverivikasi kepemilikan Web yang akan Anda daftarkan.

Hal ini amat penting untuk dipastikan oleh Google guna mencegah penyelewengan kewenangan pengelolaan.

Terdapat beberapa jenis metode verivikasi. Anda tinggal melakukan langkahnya sesuai dengan petunjuk yang tertera, dan disarankan oleh pihak Google kepada Anda.

4). Klik Verify Dan Tunggu Hingga Proses Selesai Dijalankan

Setelah Anda melakukan langkah yang disarankan oleh pihak Google di keterangan bantuan tadi, Anda harus kembali ke halaman tadi untuk menekan tombol VERIFY yang tersedia di jendela Pop up tadi.

Kemudian, secara otomatis sistem akan memverifikasi kepemilikan web yang Anda daftarkan, dan bila proses berhasil, Anda telah sukses melakukan proses konfirmasi kepemilikan website.

Dengan begini, Anda sudah resmi terdaftar di Google Webmaster Tools (Google Search Console), dan dapat memanfaatkan segudang fasilitas seperti yang telah kami bahas sedikit diatas tadi.

Sebagai seorang webmaster (pengelola web) yang baik, sebaiknya Anda melakukan kunjungan terhadap aktivitas web Anda di halaman ini setiap hari.

Sebab, dengan begitu, Anda dapat menganalisa konten-konten seperti apakah yang menarik minat baca para pengunjung website Anda, dan mengatur strategi peracikan konten berdasarkan data yang ada.

Cara ini tentu lebih berpotensial ketimbang hanya menerka-nerka kemanakah arah minat baca para visitor website Anda.

Bila Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan baik, bukan mustahil, visitor Anda akan terus bertambah dari waktu ke waktu dan membuat website Anda semakin bertumbuh menjadi besar.

Bagaimana?

Bermanfaat bukan artikel singkat dari kami?

Bila iya, jangan lupa untuk share artikel ini ya! Pastikan teman-teman Anda juga turut merasakan manfaat dan mengetahui tentang cara mendaftarkan akun website pribadi ke Google Webmaster Tools.

Oke, sampai jumpa lagi, terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *