Panduan dan Cara Memulai Bisnis Pulsa dan Paket Internet Agar Sukses

Cara Memulai Bisnis Pulsa dan Paket Internet  – Di era modern yang semakin global ini hampir sebagian besar memiliki telepon terutama telepon genggam karena bisa dibawa kemana saja.

Agar telepon tersebut bisa dipergunakan untuk beragam jenis kegunaan misalnya telepon ataupun berkirim pesan, maka Anda butuh pulsa yang bisa dikatakan sebagai alat pembayaran atas penggunaan telepon tersebut.

Cara Memulai Bisnis Pulsa dan Paket Internet

Cara Memulai Bisnis Pulsa dan Paket Internet

Pulsa tersebut memiliki masa aktif atau masa berlaku sehingga jika masa berlaku sudah habis atau memasuki masa tenggang maka Anda tetap tidak bisa menggunakan ponsel untuk SMS ataupun telepon.

Melihat peluang banyaknya orang yang butuh mobile payment tersebut membuat tidak sedikit orang yang akhirnya terjun dan memilih untuk menjual produk tersebut. Bisnis ini sangat cocok dijalankan sebagai Bisnis Ibu Rumah Tangga yang dijalankan dari rumah.

Akan tetapi, terdapat beberapa kendala atau hambatan yang wajib Anda ketahui terlebih dahulu, diantaranya:

  • Banyaknya pesaing yang muncul apalagi pesaing secara online misalnya di toko online terpercaya yang sudah terbukti terpercaya dan memiliki sistem keamanan yang bagus.
  • Banyak atau sering dihutangi terutama oleh orang yang Anda kenal karena biasanya akan membeli dahulu misalnya karena sedang tidak ada di rumah.
  • Keuntungan yang tidak seberapa sehingga jika tidak memiliki kemampuan pengaturan keuangan yang baik bisa memberikan kerugian yang cukup besar.
  • Modal yang dipergunakan bisa lebih besar dibandingkan perkiraan.

Untuk mengatasi kendala tersebut, terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah tentukan lebih dahulu sasaran pasar Anda.

Saat ini, Anda bisa memulai lebih dahulu dari kalangan keluarga atau dari teman Anda misalnya teman kerja apalagi jika modal yang Anda pergunakan kecil dan hanya bisa melakukan top up dalam jumlah yang kecil.

Anda bisa memasarkan seperti “kalau mau beli pulsa, di tempatku ya!” secara perlahan, hal tersebut bisa menyebar dan banyak orang yang tahu usaha Anda tersebut.

Kedua adalah lebih tegas. Walaupun terhadap orang yang Anda kenal dengan baik misalnya ke keluarga Anda, berikan jangka waktu tertentu misalnya maksimal 3 hari untuk membayar atas pembelian pulsa yang ia lakukan tersebut atau paling lambat seminggu.

Jika orang tersebut sedang ada di luar kota misalnya dalam jangka waktu yang cukup lama, maka Anda bisa meminta orang tersebut untuk transfer apalagi jika hutang dalam jumlah yang cukup besar.

Cara tersebut dilakukan agar Anda tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan yang Anda inginkan namun juga agar Anda memiliki perputaran keuangan yang sehat.

Ketiga adalah perbaiki pengaturan atau management keuangan bisnis Anda.

Berbisnis mobile payment apalagi jika hanya produk tersebut yang dijual misalnya tidak ada penjualan kartu perdana atau penjualan kuota data dan modal yang Anda pergunakan cukup terbatas, maka mau tidak mau Anda harus memaksimalkan perputaran keuangan Anda untuk mendapatkan keuntungan yang Anda inginkan.

Terdapat beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan agar perputaran uang tersebut bisa berjalan dengan baik.

Cara untuk mengatasi kendala bisnis pulsa untuk management keuangan yang lebih baik adalah:

  • Siapkan buku khusus dimana Anda bisa mencatat siapa saja yang membeli pulsa tersebut beserta dengan nominal yang dibelinya. Cara ini bertujuan agar Anda tidak hanya bisa mengetahui siapa saja yang membeli produk Anda namun juga keuntungan yang seharusnya Anda terima.
  • Pisahkan uang dari bisnis dengan uang pribadi Anda. Cara ini dilakukan agar Anda tidak menghabiskan uang untuk keuntungan pribadi Anda namun bisa dipergunakan sedikit demi sedikit untuk mengembangkan bisnis Anda.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Aksesoris Wanita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *