Cara Membuka Usaha Laundry Kiloan Dengan Modal Kecil

Cara Membuka Usaha Laundry Kiloan – Jasa laundry kiloan saat ini termasuk sebagai salah satu usaha modal kecil untuk besar.

Hal ini disebabkan karena usaha laundry umumnya berada di kawasan padat penduduk misalnya di sekitar perkantoran, kampus, perumahan, kos.

Cara Membuka Usaha Laundry Kiloan Dengan Modal Kecil

Cara Membuka Usaha Laundry Kiloan Dengan Modal Kecil

Dengan adanya usaha tersebut, membuat orang yang ada di sekitar tempat laundry menjadi terbantu. Bisnis ini cocok di buat sebagai salah satu Bisnis Ibu Rumah Tangga yang selalu berada dirumah setiap waktu.

Jika Anda ingin membuka usaha laundry kiloan sendiri namun hanya punya modal yang kecil, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu.

Pertama adalah kemampuan Anda dalam mencuci pakaian. Mencuci pakaian sering dianggap sepele, namun, jika Anda salah dalam mencuci, tidak hanya akan membuat mesin cuci rusak namun juga bajunya akan rusak.

Jika mencuci baju sendiri saja tidak bisa, maka sebaiknya jangan dahulu membuka usaha laundry kecuali jika Anda bekerja sama dengan teman Anda atau tetangga Anda yang ahli dalam menggunakan mesin cuci ataupun ahli dalam mencuci baju.

Kedua adalah rincikan berapa banyak modal yang harus dibutuhkan.

Untuk jasa laundry kiloan, Anda tetap butuh mesin cuci untuk meringankan beban pekerjaan Anda walaupun beberapa jenis pakaian sebaiknya dicuci dengan menggunakan tangan.

Jika tidak, tenaga Anda akan terkuras habis. Saat ini sudah ada mesin cuci tabung 1 dan 2, serta bukaan depan dan bukaan atas.

Anda bisa memilih sesuai dengan yang Anda butuhkan. Selain mesin cuci, kebutuhan lainnya adalah deterjen, pewangi baju, pelembut dan setrika serta timbangan untuk mengukur berapa berat baju total yang akan di laundry.

Ketiga adalah jangan lupa pengeluaran bulanan untuk air dan listrik. Jika Anda hendak membuka usaha laundry, hal tersebut jelas akan mempengaruhi berapa besar pengeluaran untuk air dan juga listrik.

Untuk menghemat, Anda bisa menggunakan mesin cuci yang hemat air dan juga hemat listrik. Selain itu, hindari juga menggunakan deterjen yang mengandung banyak busa karena hal tersebut justru akan membuat Anda kesusahan untuk membilas hingga bersih sehingga penggunaan air akan semakin banyak.

Keempat adalah lokasi. Anda bisa memilih untuk membuka usaha laundry kiloan di rumah atau di tempat lain yang lebih strategis sehingga akan membantu Anda untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Namun, untuk memilih lokasi, jangan lupa pertimbangkan mengenai apakah tempat tersebut memiliki bagian yang lapang yang bisa dimanfaatkan untuk menjemur baju atau tidak. Selain itu, pertimbangkan masalah saluran airnya.

Jangan sampai air sisa mencuci malah merugikan orang lain misalnya malah mengalir ke sawah yang membuat panen kurang sempurna.

Kelima adalah harga. Sebelum Anda membuka usaha laundry tersebut, tentukan harganya dahulu, apakah harganya sudah sesuai dengan fasilitas yang Anda tawarkan ke calon konsumen atau belum.

Serta, jangan lupa untuk melakukan riset harga laundry per kilonya di sekitar tempat tinggal Anda.

Cara ini bisa membantu Anda untuk menentukan berapa besar harga yang akan Anda tawarkan ke konsumen.

Hal lain yang harus diperhatikan saat Anda membuka usaha laundry kiloan adalah:

  • Berikan pelayanan yang bagus. Misalnya jangan mudah marah saat dikritik ataupun jangan memasang muka yang cemberut saat Anda sedang menerima baju yang akan di laundry karena jumlahnya yang terlalu banyak.
  • Hindari sifat ceroboh karena akan berakibat fatal. Misalnya tidak memisahkan antara baju putih dan baju berwarna sehingga baju putih tersebut kelunturan warna lain atau baju yang harusnya dicuci tangan, malah dicuci dengan mesin cuci sehingga seratnya rusak.
  • Berfikir kreatif agar usahanya bisa terus berkembang.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Aksesoris Wanita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *