3 Cara Mudah Membuka Loket Pembayaran Listrik

Cara Membuka Loket Pembayaran Listrik – Listrik menjadi kebutuhan harian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia di zaman sekarang.

Untuk menyalakan berbagai peralatan elektronik, kita memerlukan bantuan tenaga listrik. Untuk menerangi rumah di malam hari dari kegelapan juga membutuhkan listrik.

Cara Membuka Loket Pembayaran Listrik

Cara Membuka Loket Pembayaran Listrik

Juga saat baterai ponsel habis juga harus dicharger dengan adanya bantuan listrik. Dan masih banyak lagi kegunaannya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Sehingga bisa dikatakan listrik sangat bermanfaat untuk menunjang kehidupan manusia saat ini.

Bagi keluarga atau suatu usaha yang menggunakan jasa listrik PLN memiliki kewajiban untuk membayar tagihan listrik setiap bulannya.

Jika dahulu untuk membayar tagihan listrik harus antri berjam-jam di loket pembayaran resmi kantor PLN, maka saat ini hal itu semakin jarang terjadi.

Karena jika kita lihat, mulai banyak tempat yang menyediakan layanan jasa pembayaran listrik atau yang biasa disebut dengan PPOB (Payment Point Online Bank).

Meskipun banyak yang sudah memanfaatkan peluang ini untuk suatu usaha, tidak ada salahnya jika Anda menekuni hal yang sama.

Karena jika dilihat dari jumlah penduduk Indonesia yang hampir semuanya menggunakan listrik, bisa diperkirakan peluang usaha ini bisa menarik pelanggan juga besar. Dilihat dari prospek jangka panjang, bisnis ini terbilang bagus dan tidak akan sepi dari pelanggan.

Jika di lingkungan Anda belum ada yang membuka usaha serupa, maka Anda bisa menjadi pertama yang memperkenalkan layanan ini pada masyarakat di sekitar Anda.

Bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga yang ingin bekerja namun tidak ingin mengabaikan pekerjaan mengurus rumah tangga.

Untuk membuka bisnis loket pembayaran listrik juga terbilang sangat mudah dan bisa dipelajari dengan cepat.

Untuk memulainya, Anda bisa mengikuti cara mudah berikut ini:

1). Menyiapkan modal yang diperlukan.

Untuk menjalankan bisnis ini Anda memerlukan beberapa perangkat, seperti komputer atau laptop untuk menjalankan aplikasi PPOB, koneksi internet yang stabil, meja kursi, printer untuk mencetak bukti pembayaran, dan buku catatan.

Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan modal uang untuk biaya pendaftaran sebagai sub agen dan juga untuk uang deposit. Uang deposit ini nantinya sebagai modal Anda untuk bisa melakukan transaksi pembayaran listrik dari pelanggan.

2). Mendaftar menjadi sub agen.

Untuk cara pendaftarannya, Anda bisa mengunjungi website agen pembayaran listrik yang ingin Anda ikuti.

Biasanya cara pendaftaran ada yang lewat website dengan mengisi form di laman website tersebut, namun ada juga yang melalui SMS.

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan website tersebut memiliki track record yang bagus, sudah memiliki izin resmi, serta memiliki identitas alamat dan kontak yang jelas.

3). Mempelajari cara menjalankan loket pembayaran online.

Untuk menjalankan transaksi pembayaran listrik dari konsumen, Anda nantinya harus menjalankan aplikasi loket pembayaran listrik. Aplikasi atau software yang dijalankan ini harus kita install dulu sebelumnya.

User name dan password akan diberikan oleh pihak agen setelah kita terdaftar menjadi sub agen di tempat mereka.

Aplikasi loket pembayaran listrik antara satu agen dengan agen pesaing lainnya mungkin memiliki perbedaan tampilan. Namun sama-sama bisa digunakan untuk transaksi pembayaran listrik.

Agar bisa melayani konsumen dengan baik, Anda harus mempelajari terlebih dahulu cara memproses transaksi pelanggan.

Keuntungan dari bisnis ini biasanya akan di akumulasikan dan dibayarkan setiap bulannya kepada sub agen dalam bentuk deposito saldo ataupun transfer via bank. Tergantung dari kebijakan masing-masing agen tempat mendaftar.

Komisi untuk transaksi pembayaran juga berbeda-berbeda, tergantung dari jenisnya. Sebagai contoh untuk transaksi pembayaran listrik pra bayar komisinya sekitar Rp 1.000 – Rp 2.000.

Sedangkan untuk listrik pasca bayar Rp 1.200 – Rp 2.000. Sedikit tips agar usaha Anda menjadi langganan konsumen, ciptakan tempat pembayaran listrik yang senyaman mungkin, jam buka yang pasti, serta tidak mengambil margin keuntungan yang terlalu besar.

Baca Juga : 11 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga 100 % Berhasil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *