Cara Mudah Mengaktifkan Ads.txt Untuk Publisher Adsense

Cara Membuat Ads.txt Untuk Publisher AdsenseAdsense memang cukup menggiurkan bagi banyak publisher.

Bagi publisher yang bermain di dunia Blog, tentu harus update perkembangan informasi terkini, agar kualitas blognya tetap cukup mumpuni.

Selain kualitas konten yang harus terus dikembangkan, seorang blogger juga harus mampu mengelola jendela iklan yang ada di blognya, agar blog tersebut mampu mendapatkan earning yang lebih mantap lagi.

Bicara tentang google Adsense, Anda tentu sudah tau dong tentang kebijakan terbaru Google Adsense yang mengharuskan kita untuk memasang sebuah file yang bernama ads.txt di dalam root server blog kita?

Meskipun sekilas terdengar merepotkan, hal ini sebenarnya sengaja direkomendasikan Google guna melindungi publisher dari perbuatan iseng oknum-oknum yang memanfaatkan id publisher adsense secara sembarangan.

Baca Juga : Larangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Publisher Google Adsense

Id tersebut banyak dipasang di web milik orang lain dan kemudian diklik secara massive, hingga id tersebut dicurigai oleh sistem dan dikategorikan sedang melakukan kecurangan.

Padahal, faktanya aktivitas tidak normal tadi terjadi akibat bom klik dari orang lain, yang mengakibatkan hal tersebut terjadi.

Selain untuk mencegah hal itu terjadi, Anda juga wajib melakukan hal itu bila tidak ingin melihat notifikasi berwarna merah di Dashboard GA Anda seperti gambar berikut ini:

Notifikasi tersebut tentu tak ingin Anda diamkan berlama-lama bukan? Nah, untuk mengatasinya, Anda harus menyematkan ads.txt tersebut ke blog Anda.

Penasaran dengan caranya? Simak terus artikel kami yang berikut ini yuk!

1. Login Ke Dashboard Blogspot

Seperti biasa, masuklah ke akun blogspot yang terdapat Blog yang akan Anda sesuaikan pengaturan Ads.txt nya.

Bila Anda memiliki beberapa blog, Anda mungkin harus melakukan langkah-langkah berikut ini beberapa kali.

2. Masuklah menuju ke Menu Setting > Search Preferences > Monetization

Setiap blog di akun blogspot tersebut memiliki menu setting > Search Preferences > Monetization yang harus Anda konfigurasikan satu persatu.

 

3. Aktifkanlah ads.txt, dan masukan potongan kode yang dapat Anda ambil di Google Adsense Dashboard Anda (dengan login pada tab baru terlebih dahulu tentunya).

Masukan inputan kedalam field yang tersedia, dengan format isi file ads.txt seperti yang ada di dashboard GA semisal yang kami contohkan berikut ini:

google.com, pub-5829781100577440, DIRECT, f08c47fec0920fa0

4. Klik Save change untuk menyimpan semua perubahan dan konfigurasi yang Anda lakukan

Semua perubahan tadi harus Anda simpan dengan meng-klik tombol Save change yang ada di halaman tersebut. Dengan mengklik tombol tersebut, konfigurasi akan tersimpan. Dan konfigurasi ads.txt pun sudah berhasil Anda lakukan.

Namun, proses ini tentu membutuhkan waktu minimum 24 jam agar pihak google mengonfirmasi keaktifan ads.txt di situs blog Anda.

Bila sudah 24 jam, Anda dapat memeriksa kesuksesan konfigurasi Anda dengan mengakses http://www.nama_domain.com/ads.txt. Tentunya bagian nama_domain harus Anda sesuaikan dengan nama blog yang Anda konfigurasikan tadi ya!

Jika ID penayang google Adsense Anda berhasil muncul, maka itu tandanya Anda sudah berhasil.

Baca Juga : Tips Meningkatkan CTR Google Adsense

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang cara mudah mengaktifkan Ads.txt. Semoga dengan artikel singkat yang kami postingkan di kesempatan kali ini, Anda menjadi terbantu untuk mengatasi masalah Anda ya!

Merasa terbantu dengan artikel ini?

Sebarkan artikel ini ke akun social media Anda yuk! Ke teman-teman Anda via chat group juga boleh! Pastikan, agar manfaat ini tidak hanya Anda rasakan sorang diri saja ya! Oke?

Terimakasih telah mampir ke postingan blog kami, sampai jumpa lagi di postingan kami yang selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *