Cara dan Hal Penting yang Harus di Perhatikan Sebelum Membuka Bisnis Salon

Cara dan Hal Penting Sebelum Membuka Bisnis Salon – Salon saat ini menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wanita.

Ada beberapa jenis salon yaitu salon rambut atau salon perawatan dan kecantikan seperti untuk manicure dan pedicure.

Untuk membuka bisnis salon, Anda tidak bisa sembarangan untuk melakukannya karena dibutuhkan keahlian khusus yang harus dimiliki dan biasanya sebagai salah satu bisnis ibu rumah tangga.

Cara dan Hal Penting Sebelum Membuka Bisnis Salon

Cara dan Hal Penting Sebelum Membuka Bisnis Salon

Misalnya untuk membuka salon rambut, Anda tentunya tidak hanya akan membuka layanan untuk potong rambut namun juga untuk pewarnaan rambut, rebounding, smoothing, catok rambut, pengeritingan bahkan ekstensi rambut.

Karena hal tersebut, modal yang paling utama adalah keahlian.

Kecuali jika Anda merupakan orang yang sangat kaya yang memiliki kenalan atau bekerja sama dengan teman Anda yang sudah memiliki keahlian di bidang kecantikan rambut untuk modal bisnis salon yang akan dibuat, maka hal tersebut tidak menjadi masalah.

Namun, jika Anda memiliki modal yang terbatas dan juga tidak terlalu memiliki banyak rekan dengan keahlian yang diinginkan, misalnya potong rambut, maka Anda harus mengasah kemampuan Anda dahulu misalnya mengikuti kursus.

Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

Siapkan modalnya

Modal ini tidak hanya modal keahlian namun juga modal alat dan perlengkapan seperti shampoo, conditioner, pewarna rambut ataupun yang lainnya.

Jika Anda memiliki modal yang terbatas, setidaknya Anda memiliki alat dimana nanti pelanggan Anda tetap bisa mencucikan rambutnya mereka di tempat Anda sambil merasakan pijat di kepala.

Pastikan jika tempat tersebut nyaman untuk ditempat dan juga aliran airnya tetap lancar walaupun dipergunakan terus menerus.

Pilih lokasinya

Lokasi yang paling strategis adalah yang paling banyak dikunjungi oleh wanita misalnya di sekitar kampus.

Jika modal Anda terbatas, misalnya hanya cukup untuk membeli perlengkapan dan peralatan untuk bisnis salon tersebut, maka Anda bisa membuka salon kecil-kecilan dahulu di rumah Anda. Siapkan tempat yang cukup lapang dan memiliki aliran atau sirkulasi udara yang baik.

Selalu ikuti trend fashion

Orang saat ini cenderung akan mengikuti gaya atau tampilan dari artis tertentu atau orang yang diidolakan.

Misalnya si A ingin rambut bob seperti XX maka mau tidak mau Anda harus mengikuti kemauan dari pelanggan Anda tersebut.

Atau Anda juga bisa meletakkan kliping atau gambar dari berbagai potongan rambut sehingga nantinya pelanggan Anda bisa menunjukkan jenis potongan rambut mana yang akan dipilih.

Artikel Terkait : Cara Membuka Bisnis Online Fashion Shop

Pastikan SDM Tepat

Jika bisnis Anda sudah mulai bergerak dan menunjukkan hal yang positif, maka hal selanjutnya adalah mencari pekerja baru.

Walaupun Anda mungkin bisa melakukan semuanya, namun, Anda tidak akan dapat melakukan pekerjaan seperti memotong rambut pelanggan yang kemudian melakukan cream bath dan membiarkan pelanggan yang lain menunggu lama.

Jika Anda menemukan pekerja yang tepat untuk membantu Anda, maka Anda harus memberitahu mengenai SOP atau tata cara kerja yang tepat agar tidak hanya meminimalisir kerugian bagi tempat usaha Anda namun juga kerugian bagi konsumen.

Hal Lainnya :

  • Pelayanan. Semakin salon Anda terkenal maka pelayanan yang diberikan seperti penawaran layanan potong rambut juga harus semakin lebih baik atau pelayanan dari sifat seperti murah senyum.
  • Pemasaran. Anda bisa menggunakan media online ataupun dengan menggunakan brosur untuk menarik calon pelanggan agar datang ke salon Anda.
  • Kegigihan Anda sendiri agar tidak mudah menyerah dan akan terus bangkit walaupun menemui banyak masalah.

Baca Juga : Modal Usaha Membuka Jasa Jahit Pakaian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *