Cara Untuk Melakukan Pengecekan Pada Kecepatan Blog

Cara Pengecekan Pada Kecepatan Blog – Memiliki blog memang sebuah kebanggaan yang tersendiri.

Kita dapat berbagi informasi penting dan berguna yang kita miliki ke orang-orang, dan mendapatkan feedback yang cukup menggembirakan. Namun kadang kala, situs blog yang kita miliki kurang optimal.

Sehingga, kurang berhasil untuk merebut hati visitor blog yang menikmati konten yang kamu sajikan.

Sebenarnya, performa dari sebuah blog mencakup banyak faktor. Salah satunya adalah dari segi kecepatan prosesi pemuatan halaman.

Tetapi, sebelum mengoptimalkan kecepatan pemuatan halaman web yang kamu miliki, kenali dulu yuk cara untuk melakukan pengecekan pada kecepatan blog!

1). Memeriksa Kecepatan Dari Proses Pemuatan Halaman Blog Kamu Dengan Menggunakan GtMetrix

GTmetrik adalah sebuah tool yang terdapat di internet, dan dapat kita manfaatkan untuk memeriksa kecepatan pemuatan halaman blog yang kita kelola.

Didunia maya, tool ini memiliki reputasi keakuratan pengukuran yang cukup baik. Namun, kamu harus bijak dalam memanfaatkan tool yang satu ini. Sebab, tool ini hanya dapat digunakan untuk 20 kali pemeriksaan.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungilah situs http://gtmetrix.com/ untuk dapat mengakses halaman ini secara langsung, atau bisa juga dengan terlebih dahulu mengetikan gtmetrix di text box pada search engine kesayangan kamu.
  • Setelah sampai di halaman, kamu akan langsung mendapati tampilan seperti berikut. Di kotak text, kamu dapat memasukan link tautan web yang ingin kamu analisa kecepatannya. Dan untuk memulai proses pemeriksaan, kamu dapat menekan tombol Analyze untuk memulai proses penghitungan kecepatan pemuatan tampilan website.

  • Setelah menekan button tadi, sistem akan otomatis bekerja, dan kamu akan diarahkan ke halaman yang menampilkan hasil penghitungan performa kecepatan yang dikalkulasikan oleh sistem saat memuat halaman web yang kamu miliki.

  • Setelah data tersaji, kamu dapat mengevaluasi titik kelebihan dan kelemahan web kamu. Bila score menunjukan angka A, maka web yang kamu miliki sudah terhitung amat baik. B bila web mu termuat pada kecepatan pemuatan rata-rata web kebanyakan, dan C bila web kamu memerlukan optimasi lebih lanjut agar performanya dapat berjalan lebih baik lagi.

2). Melihat Seberapa Cepat Proses Pemuatan Halaman Blog Kamu Dengan Menggunakan PageSpeed Insights Untuk Dijadikan Sebagai Pembanding

Meragukan keakurasian hasil dari GtMetrix tadi? Mungkin kamu dapat mencoba pemeriksaan proses pemuatan dengan tool yang lain, semisal PageSpeed Insights.

Sama dengan tool sebelumnya, PageSpeed Insights merupakan sebuah tool untuk memeriksa kecepatan pemuatan sebuah halaman website, agar kemudian dapat dievaluasi oleh si pemilik website tersebut.

Berbeda denga tool sebelumnya, tool yang satu ini memiliki penggunaan yang cukup bebas. Sebab, tool ini sendiri merupakan bawaan dari pihak Google yang dapat kamu manfaatkan sesuai kebutuhan.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Halaman dari PageSpeed Insight akan dimuatkan untukmu, dan kamu tinggal memasukan tautan web yang akan kamu tes kecepatan pemuatan webnya.
  • Proses akan dimulai oleh sistem, dan kamu akan disuguhkan hasil analisa waktu pemuatan web yang kamu periksa.

Meskipun tools ini memungkinkan pemeriksaan halaman web berkali-kali, namun tool ini tidak memberikan hasil yang lengkap seperti tool sebelumnya.

Walaupun demikian, tool ini akan memberikan beberapa saran terbaik yang bisa kamu lakukan agar kecepatan pemuatan halaman web kamu bisa lebih optimal.

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang cara untuk melakukan pengecekan pada kecepatan blog.

Merasakan manfaat dari artikel ini?

Yuk sebarkan artikel ini ke sahabat dekat yang kamu miliki! Siapa tau, mereka juga sedang ingin tau tentang hal yang serupa. Terimakasih banyak ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *